NAJA, SAFINATUN (2024) Enerapan model problem based learning melalui aplikasi quizizz untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini merupakan PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Tedunan dengan subyek penelitian yaitu guru dan siswa sebanyak 15 siswa, tetapi pemahaman konsep siswa difokuskan pada 3 siswa. Variabel penelitian adalah pemahaman konsep, hasil belajar, dan keterampilan guru. Penelitian ini terjadi dalam muatan pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Pola Hidup Gotong royong, dengan tujuan penelitian yaitu (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Quizizz dalam meningkatkan pemahaman konsep; (2) pemahaman konsep pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Quizizz mengalami peningkatan; (3) mendeskripsikan keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Quizizz dalam meningkatkan pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman konsep pada siklus I menunjukkan perolehan sebanyak 4 siswa dengan kriteria T/Tinggi, sebanyak 6 siswa dengan kriteria S/Sedang, dan sisanya 5 siswa dengan kriteria R/Rendah. Mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan sebanyak 5 siswa dengan kriteria T/Tinggi, sebanyak 7 siswa dengan kriteria S/Sedang, dan sisanya 3 siswa dengan kriteria R/Rendah. (2) Hasil belajar siswa ada siklus I sebanyak 10 siswa mengalami ketuntasan belajar dengan prosentase 66,70% meningkat menjadi sebanyak 12 siswa dengan prosentase 80,00% pada siklus II. (3) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh prosentase 62,50% dengan jumlah skor 20 kriteria baik meningkat menjadi jumlah skor 27 kriteria sangat baik dengan prosentase 84,37% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dengan Quizizz dapat meningkatkan pemaham konsep, hasil belajar siswa, dan keterampilan guru dalam muatan pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Pola Hidup Gotong royong di kelas IV SD Negeri Tedunan Wedung Demak. Saran bagi guru adalah Problem Based Learning dengan Quizizz dapat digunakan sebagai acuan dalam muatan pembelajaran lain pada kelas lain.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. Ika Ari Pratiwi, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Fina Fakhriyah, M.Pd. |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, Quizizz, Gotong Royong |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 May 2025 03:36 |
Last Modified: | 26 May 2025 03:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
