Eningkatan hasil belajar pendidikan pancasila melalui model pembelajaran make a match berbantuan media kartu kuartet bagi siswa kelas iv sdn purwodadi

LITA ROHMANA, AMALIA (2024) Eningkatan hasil belajar pendidikan pancasila melalui model pembelajaran make a match berbantuan media kartu kuartet bagi siswa kelas iv sdn purwodadi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Pembelajaran masih menggunakan metode teacher centered dan tidak adanya penggunaan model dan media pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai ulangan tengah semester 2 dari 25 siswa yang tuntas hanya 10 siswa (40%) sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 15 siswa (60%). Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan keterampilan guru dalam mengajar dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu kuartet. Model pembelajaran Make A Match merupakan model pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa dalam mencari pasangan kartu yang sesuai dengan soal atau jawaban yang telah disiapkan oleh peneliti. Peneliti menggunakan model Make A Match berbantuan media kartu kuaret agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan lebih menyenangkan, sehingga pembelajaran tidak monoton. Media kartu kuartet merupakan media pembelajaran yang menggunakan kartu yang didalamnya berisi materi yang akan diajarkan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Purwodadi dengan subjek penelitian 25 siswa dan guru, yang berlangsung selama 2 siklus. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran Make A Match sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil observasi keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase 83,5% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 93%. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan klasikal 60% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 76%. Berdasarkan hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu kuartet dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Purwodadi. Peneliti menyarankan supaya model pembelajaran Make A Match dapat diterapkan dalam pembelajaran pendidikan Pancasila serta penggunaan media sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Deka Setiawan S.Pd,, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Moh Syafruddin Kuryanto S.Si., M.Or.
Kata Kunci: Make A Match, Media Kartu Kuartet, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 May 2025 07:00
Last Modified: 26 May 2025 07:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24025

Actions (login required)

View Item View Item