Nilai estetika “gunungan durian” pada gebyar ngunduh duren di desa margorejo untuk anak sekolah dasar

HANDAYANI, AFRIDA NOOR (2024) Nilai estetika “gunungan durian” pada gebyar ngunduh duren di desa margorejo untuk anak sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai estetika ”gunungan durian” pada Gebyar Ngunduh Duren di Desa Margorejo dan menganalisis ”gunungan durian” dalam Gebyar Ngunduh Duren yang dapat diterapkan ke dalam materi pembelajaran di sekolah dasar. Nilai-nilai budaya hampir tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan. Budaya dan pendidikan saling bergantung, karena budaya dapat mendorong pertumbuhan dan kesuksesan pada anak-anak. Siswa yang mendapat pendidikan tanpa landasan budaya, tidak akan mengenal warisan budayanya dan akan menjadi orang asing dalam budayanya. Yang paling memprihatinkan adalah siswa mulai tidak menyukai budaya lokalnya. Penelitian ini membahas mengenai salah satu tradisi yang mencerminkan nilai estetika pada Acara Gebyar Ngunduh Duren di desa Margorejo. Gebyar Ngunduh Duren ini adalah suatu tradisi atau acara budaya yang dapat memiliki nilai estetika yang penting. Tradisi ini menunjukkan kepada peserta didik dalam memahami dan merasakan nilai estetika yang ada dalam acara ini, sehingga tidak hanya menjadi perayaan semata. Namun, memahami tentang budaya lokal, kepedulian lingkungan, pemberdayaan komunitas, pembelajaran sosial, ekonomi lokal, dan warisan budaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan riset naratif. Subjek penelitian yaitu guru, siswa, pelaku tradisi, dan tokoh masyarakat. Objek yang diteliti yaitu Acara Gebyar Ngunduh Duren di desa Margorejo kecamatan Dawe kabupaten Kudus. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data ada tiga tahap yaitu reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai estetika pada gunungan durian meliputi bentuk, isi yang beragam, warna, tekstur, susunan yang rapi dan simetris, keseragaman pola, kerapatan dalam susunan, kebersihan bahan, kesan alami dan segar, penyembunyian elemen pendukung, keunikan dalam penyusunan, kesederhanaan yang elegan, keseimbangan antara fungsi dan estetika, penyesuaian dengan musim dan tempat, kreativitas dalam penyusunan, serta kekompakan dan kostum pengusung. Selain itu, nilai-nilai estetika ini dapat diintegrasikan kedalam kegiatan yang ada di SD 3 Margorejo melalui kegiatan kurikuler, intrakurikuler, budaya sekolah, ekstrakurikuler maupun peran anak dalam proses tradisi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Nilai Estetika, Gebyar Ngunduh Duren, Budaya Lokal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 May 2025 02:32
Last Modified: 31 May 2025 02:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24037

Actions (login required)

View Item View Item