RUKAYATI, DWI LESTARI (2024) Efektivitas model problem based learing berbantuan media popin terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipas siswa kelas v. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Proses pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah pada saat pembelajaran, pembelajaran dengan model ceramah mengakibatkan sivwa tidak dapat terlibat secara aktif pada saat pembelajaran. akibatnya, Sebagian siswa juga masih kurang memahami dan menghubungkan antara apa yang di pelajari dengan pengetahuan tersebut akan dimanfaatkan dan digunakan. Pembelajaran dengan metode ceramah membuat siswa tidak aktif dan membuat siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa masil redah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Popin Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V. Variabel penelitian ini meliputi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Popin, sementara hasil belajar IPAS sebagai variabel dependen. Model problem based learning merupakan model pembelajaran yang pemasalahanya diambil dari sekitar peserta didik dalam rangka melatih peserta didik untuk lebih aktif, mampu mengidentifikasi masalah, mampu merumuskan masalah, memecahkan masalah dan memberikan solusi terhadap masalah yang ada. Hasil belajar siswa yang digunakan meliputi pemahaman konsep dan keterampilan proses siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest posttest. Data akan dikumpulkan melalui instrument penelitian berupa tes yang telah di uji validitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sampel t-test, dan uji N-gain dengan menggunakan perangkat lunak IIBM SPSS 26. Sampel penelitian terdiri dari 22 siswa kelas V di SD Negeri 1 Loram Kulon. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat efektivitas model problem based learning berbantuan media popin terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh hasil dari uji paired sampel t-test diperoleh nilai yang signifikan (2-tailed) sebesar 0,000<0,5 pada pemahaman konsep dan keterampilan IPAS. Pada uji N-gain diperoleh nilai sebesar 0,67 yang berada pada rentang 0,3≤g≤0,7 dengan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar IPAS sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, dan hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media popin.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen pembimbing: 1.Siti Masfuah, S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Denni Agung Santoso, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Media Popin |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 May 2025 03:41 |
Last Modified: | 31 May 2025 03:41 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24043 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
