ANNISA ZAHRA, OKTAVIANA (2024) Hubungan efikasi diri dan regulasi diri terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas iv di sd gugus gatotkaca. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Kurangnya tanggung jawab siswa terhadap tanggung jawab belajarnya yang disebabkan karena adanya faktor yang ada pada diri siswa yaitu kurangnya keyakinan siswa dalam kemampuan yang mereka miliki dan kurangnya kemampuan siswa dalam mengatur atau mengontrol emosi yang ada dalam diri siswa pada saat pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan dari efikasi dan regulasi diri siswa terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS. Studi mengenai hubungan efikasi dan regulasi diri terhadap tanggung jawab belajar IPAS peserta didik telah menjadi fokus perhatian dalam literatur pendidikan. Efikasi diri merujuk pada keyakinan individu terhadap kemampuannya untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu, sementara regulasi diri mengacu pada kemampuan individu untuk mengelola perilaku, emosi, dan pikiran mereka untuk mencapai tujuan tersebut. Tanggung jawab belajar IPAS mencakup kewajiban siswa dalam memahami, menguasai, dan mengaplikasikan konsep-konsep ilmu pengetahuan alam dan sosial. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi untuk menganalisis hubungan antar variabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi dengan menggunakan software SPSS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Surjo 01 dan SD Negeri Surjo 02. Sampel penelitian ini terdiri dari 62 siswa kelas IV SD Negeri Surjo 01 dan SD Negeri Surjo 02. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian ini meliputi: Hubungan antara Efikasi Diri dan Tanggung Jawab Belajar Siswa mendapatkan hasil sebesar 0,615 p < 0,001 atau 61,5% dan berada pada kategori yang positif dan signifikan, Hubungan antara Regulasi Diri dan Tanggung Jawab Belajar Siswa mendapatkan hasil sebesar 0,623 p < 0,001 atau 62,3% dan berada pada kategori yang positif dan signifikan, Hubungan antara Efikasi dan Regulasi Diri dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa secara bersama sama mendapatkan hasil R Square Change sebesar 0,583 atau sebesar 58,3% dan berada pada kategori yang positif dan signifikan. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa, temuan ini menunjukkan bahwa baik efikasi diri maupun regulasi diri atau efikasi diri dan regulasi diri secara bersama sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan tanggung jawab belajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Ika Oktavianti S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing: 2.F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. |
Kata Kunci: | Efikasi diri, Regulasi diri, Tanggung Jawab Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 May 2025 03:52 |
Last Modified: | 31 May 2025 03:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24045 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
