Peningkatan hasil belajar bahasa jawa menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media pembelajaran kurawa (kartu aksara jawa) pada siswa kelas iii sdn jetak

MUHAMMAD, YUSUF (2024) Peningkatan hasil belajar bahasa jawa menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media pembelajaran kurawa (kartu aksara jawa) pada siswa kelas iii sdn jetak. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengaja guru dan kemampuan literasi keaksaraan siswa kelas III SDN Jetak menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Kurawa (Kartu Aksara Jawa). Model Pembelajaran Project Based Learning merupakan model pembbelajaran yang menggunakan proyek sebagai bahan ajarnya. Proyek ini dapat berupa permainan atau kegiatan lainnya. Kurawa (Kartu Aksara Jawa) adalah media pembelajaran yang terbuat dari kartu yang didalamnya terdapat masingmasing satu aksara Jawa dalam setiap kartu. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas III SDN Jetak, Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati dengan subjek penelitian berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus dengan masing-mmasing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Penlitian ini menggunakan jenis validasi expert judgement yang di dalamnya terdapat validasi ahli materi dan ahli media untuk menguji kebenaran instrumen yang digunakan dalam penelitian. Instrumen yag digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tes dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I pertemuan 1 memperoleh nilai sebesar 69 dengan predikat “baik” meningkat sebesar pada siklus II pertemuan 2 sebesar 40,57% dengan skor 97 dan masuk dalam kategori “sangat baik”. Kemampuan literasi keaksaraan siswa kelas III SDN Jetak mengalami peningkatan nilai dari masa pra siklus dengan nilai ratarata klaksikal sebesar 50,04 meningkat sebesar 20,13% menjadi 60,11 pada siklus I pelaksanaan penelitian tindakan kelas dan meningkat kembali sebesar 53,85% dengan skor 76,98 dan masuk dalam kategori “baik”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Kurawa dapat meningkakan kemampuan literasi keaksaraan siswa kelas III SDN Jetak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Ristiyani, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Keaksaraan, Keterampilan Mengajar Guru, Project Based Learning, dan Kurawa (Kartu Aksara Jawa).
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 May 2025 03:59
Last Modified: 31 May 2025 03:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24046

Actions (login required)

View Item View Item