ANGGITA NINGRUM, DHELIA (2024) Eterampilan menulis narasi berbahasa jawa dengan menggunakan media gambar berseri. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Bahasa Jawa merupakan mata pelajaran muatan lokal yang bersifat wajib untuk diselenggarakan di sekolah dasar khususnya di Jawa Tengah. Saat ini siswa cenderung menggunakan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Karena minimnya pembiasaan menggunakan Bahasa Jawa dapat diketahui bahwa keterampilan menulis berbahasa jawa yang dimiliki oleh siswa sangatlah rendah. Tujuan penelitian adalah (1) Mengetahui keterampilan guru dalam mengajar menulis narasi berbahasa jawa dengen menggunakan media gambar berseri. (2) Menganalisis efektifitas penerapan media gambar berseri pada menulis narasi berbahasa jawa pada siswa. Media gambar berseri merupakan rangkaian cerita gambar yang saling berhubungan pada setiap gambarnya. Didalam gambar berseri rangkaian cerita yang dibentuk menjadi gambar disajikan secara sistematis artinya berurutan antara cerita satu gambar dengan cerita gambar lainnya yang saling berhubungan. Media gambar berseri dapat mempermudah siswa dalam menuangkan isi gagasan yang ingin disampaikan. Penelitian ini merupakan penelitian campuran dengan menggunakan metode Exploratory sequential design. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Pati Wetan 01 berlangsung dari 3 pertemuan. Jumlah siswa kelas III yaitu 31, dan yang jadikan sebagai subjek penelitian ini 31 siswa, 16 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.. Keterampilan guru dalam mengajar dan mengelola kelas adalah keterampilan mutlak yang harus dimiliki oleh seorang huru untuk menciptakan pemeblajaran yang kondusif, efektif dan menyenangkan bagi siswa. Penilaian keterampilan guru dalam penelitian ini dilakukan dua kali pertemuan. Pada lembar observasi keterampilan guru terdiri dari 5 indikator. Indikator keterampilan mengajar guru yang diamati dalam penelitian meliputi keterampilan membuka pembelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan guru dalam menggunakan media gambar berseri, keterampilan guru dalam mengelola kelas, keterampilan menutup pembelajaran. Hasil dari observasi keterampilan guru dalam mengajar sangat baik. Keterampilan menulis narasi berbahasa jawa dengan menggunakan media gambar berseri memberikan pengaruh yang signifikan pada nilai postest. Nilai postest (setelah diberi perlakuan) memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan nilai pretest (sebelum diberi perlakuan). Rata-rata pada pretest 55,97, nilai rata-rata posttest adalah 82,42. Hal ini disebabkan oleh dampak perlakuan pemberian treatment yang dapat mengasah keterampilan menulis siswa. Hasil analisis uji paired sample t-test pada pretest dan posttest menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Berdasarkan hasil tersebut bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ratarata skor pretest dengan posttest siswa. Terdapat juga hasil angket respon siswa mengenai media gambar berseri yang hasilnya siswa menyukai media gambar berseri. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri efektif digunakan pada keterampilan menulis narasi berbahasa jawa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Much Arsyad Fardani, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Keterampilan Menulis, Narasi Berbahasa Jawa, Media Gambar Berseri |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 May 2025 04:59 |
Last Modified: | 31 May 2025 04:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
