ITSNA ARYANI, HILMI (2024) Penerapan model stad (student teams achievement division) berbantuan media ekonquizz terhadap pemahaman konsep siswa sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Proses pembelajaran yang menjadikan guru sebagai peran sentral dan penggunaan media pembelajaran yang belum inovatif menyebabkan pemahaman konsep siswa menjadi rendah. Hal ini dilihat dari hasil nilai PAS siswa kelas IV SDN Tamansari 03 dari 20 siswa yang dapat dikatakan tuntas hanya 4 siswa, sedangkan yang tidak tuntas 16 siswa. Berdasarkan persentase ketuntasan pada mata pelajaran IPAS hanya 20% tuntas dan 80% siswa lainnya tidak tuntas. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis peningkatan ratarata pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model STAD berbantuan media EkonQuizz. Student Teams Achievement Division merupakan salah satu teknik pembelajaran kooperatif yang melibatkan kerjasama antar siswa dalam tim kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Pembelajaran STAD dapat menumbuhkan sikap saling kerjasama antar kelompok dan mengasah kebersamaan, mendukung siswa dalam mengembangkan keterampilan berdebat yang sehat, meningkatkan kemampuan mendengarkan, serta memperbaiki keterampilan berkomunikasi. Media EkonQuizz merupakan platform pembelajaran IPAS yang berisikan soal, kuis, modul ajar, dan layanan permainan pembelajaran yang dikemas secara interaktif dan menarik. Pemahaman konsep adalah tingkat pencapaian pembelajaran yang lebih tinggi daripada sekadar memiliki pengetahuan. Dengan pemahaman konsep yang baik, pemahaman siswa terhadap materi pelajaran akan meningkat secara signifikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest yang dilaksanakan di kelas IV SDN Tamansari 03 dengan subjek penelitian 20 siswa. Variable bebas pada penelitian ini yaitu model STAD berbantuan media EkonQuizz, sedangkan variable terikatnya adalah pemahaman konsep siswa. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Tes dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan (1) Terdapat perbedaan rata-rata pretest-posttest pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah menggunakan model STAD berbantuan media EkonQuizz dengan hasil signifikan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 59,45 meningkat menjadi 82,15 pada rata-rata nilai posttest siswa. (2) Terdapat peningkatan rata-rata pretest-posttest pemahaman konsep siswa dengan penerapan model STAD berbantuan media EkonQuizz dengan nilai hasil uji N-Gain Score sebesar 0,6017 dengan kategori sedang dan persentase N-Gain sebesar 60,17%, dengan kategori cukup efektif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan rata-rata pretest-posttest pemahamn konsep siswa dengan penerapan model STAD berbantuan media EkonQuizzz siswa kelas IV SD N Tamansari 03. Saran dari penelitian ini adalah untuk dapat mengembangkan media dan menggunakan model pembelajaran dengan menerapkan pada berbagai mata pelajaran dan materi lainnya agar siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. Dosen pembimbing: 2.Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Student Teams Achievement Division, EkonQuizz, Pemahaman Konsep. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 03:18 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 03:18 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
