Efektivitas model snowball throwing berbantuan media rangkub terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv sdn 1 ngemplak

HARIN WIDYAWATI, ZHAFARINA (2024) Efektivitas model snowball throwing berbantuan media rangkub terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv sdn 1 ngemplak. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran yang belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan kemampuan berpikir siswa yang masih konkret namun penggunaan media pembelajaran konkret masih kurang serta kemampuan berpikir kritis siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran dengan snowball throwing berbantuan media RANGKUB di kelas IV SDN 1 Ngemplak. Model Snowball Throwing merupakan model pembelajaran inovatif yang mampu menggali ketrampilan siswa membuat, menjawab pertanyaan yang dipadukan melalui permainan imajinatif membentuk dan melempar bola. Media RANGKUB merupakan media pembelajaran konkret yang membantu siswa memahami materi kubus dan balok secara lebih nyata dan mendorong siswa untuk berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir seseorang secara mendalam yang mengarahkan individu untuk membuat suatu pertanyaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Eksperimental Design tipe One Group Pretest-Posttest Design yang dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Ngemplak dengan sampel 11 siswa. Variabel independen dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media RANGKUB, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi, soal tes meliputi pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji paired sample t-test dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan skor uji paired sample t-test nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,000<0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Siswa memperoleh hasil rata-rata 79,31. Sedangkan dari uji N-Gain memperoleh peningkatan sebesar 0,59 yang dikategorikan sedang. Kesimpulan dari penelitian ini penggunaan model snowball throwing terbukti efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model snowball throwing berbantuan media RANGKUB. Sehingga guru dapat menggunakan model snowball throwing berbantuan media RANGKUB.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing: 1.F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. Dosen pembimbing: 2.Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Snowball Throwing, RANGKUB, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jun 2025 04:04
Last Modified: 02 Jun 2025 04:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24071

Actions (login required)

View Item View Item