Efektivitas metode learning start with a question terhadap hasil belajar kalimat efektif siswa kelas iv sdn widorokandang

MIFTAHUL CAHYANI, AULIA (2024) Efektivitas metode learning start with a question terhadap hasil belajar kalimat efektif siswa kelas iv sdn widorokandang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Widorokandang. Pada saat kegiatan pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional dimana kondisi kelas masih bergantung pada guru sebagai pusat utama dalam pembelajaran dan kurang melibatkan siswa, sehingga kurangnya keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah terutama dalam materi pemilihan kata, penghematan kata dan mengembangkan kalimat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan skor pretest posttest dan peningkatan hasil belajar dalam penerapan metode Learning Start with a Question dalam materi kalimat efektif siswa kelas IV SDN Widorokandang. Metode Learning Start with a Question atau memulai pembelajaran dengan pertanyaan merupakan metode dimana siswa diarahkan untuk belajar secara mandiri dengan membuat pertanyaan berdasarkan bacaan yang diberikan guru. Dalam penelitian ini guru memberikan bacaan tentang materi kalimat efektif dan meminta siswa untuk membuat pertanyaan. Kemudian, dari pertanyaan tersebut siswa berusaha menemukan jawaban dengan berdiskusi dengan siswa lain, dan guru membantu mereka jika mereka merasa kesulitan menemukan jawaban. Hasil belajar merupakan kemampuan atau keterampilan yang dimiliki siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Pre Experimental design tipe one group pretest-posttest yang akan dilaksanakan di kelas IV SDN Widorokandang dengan subjek penelitian 14 siswa. Peneliti melakukan 2 kali pertemuan dengan materi kalimat efektif. Variabel bebas penelitian ini adalah metode Learning Start with a Question, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kalimat efektif. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi pra penelitian, wawancara guru dan siswa pra penelitian, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, paired sample t-test dan N-gain berbantuan SPSS Statistic 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Learning Start with a Question berpengaruh terhadap hasil belajar kalimat efektif siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata pretest 48,57 dan rata-rata posttest 85,71. Hasil hipotesis Uji-t menunjukkan bahwa sig (2-tailed) 0,000 < 0.05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga terdapat perbedaan skor pretest posttest penerapan metode Learning Start with a Question terhadap hasil belajar kalimat efektif siswa kelas IV SDN Widorokandang. Hasil N-gain juga memperoleh nilai sebesar 0,7207 dengan kriteria tinggi yang berarti penggunaan metode pembelajaran Learning Start with a Question dapat meningkatkan hasil belajar kalimat efektif siswa kelas IV SDN Widorokandang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor pretest posttest dan peningkatan hasil belajar kalimat efektif siswa kelas IV menggunakan metode Learning Start with a Question. Pembelajaran hendaknya memaksimalkan metode pembelajaran sehingga siswa lebih aktif selama pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing: 1.Imaniar Purbasari, S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Lintang Kironoratri,S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Metode Learning Start with a Question, Hasil Belajar, Kalimat Efektif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:14
Last Modified: 02 Jun 2025 07:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24075

Actions (login required)

View Item View Item