Pengaruh model pembelajaran talking stick berbantu media poster terhadap kemampuan berpikir kritis siswa

IFFATUN NISA’, KHIKMA (2024) Pengaruh model pembelajaran talking stick berbantu media poster terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

roses pembelajaran yang kurang interaktif menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada kurikulum Merdeka. Hal ini dikarenakan kurangnya strategi guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru masih menggunakan metode ceramah yang berpedoman pada buku siswa sehingga pembelajaran terkesan monoton. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick berbantu media poster terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah penggunaan model pembelajaran talking stick berbantu media poster. Model pembelajaran talking stick merupakan salah satu model pembelajarannya, guru menberikan tongkat kepada salah seorang peserta didik setekah menjelaskan materi. Setelah itu guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik, dan mereka diminta untuk dapat menjawab soal yang diberikan oleh guru dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen one grub pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N 1 Gambiran, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan menggunakan seluruh siswa kelas IV. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dukumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji t-test, dan uji N-Gain. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick berbantu media poster terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil uji N-Gain kemampuan berpikir kritis memiliki nilai sebesar 0,7158 dengan ketegori tinggi yang artinya terdapat peningkatan model pembelajaran talking stick berbantu media poster terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian sehingga dapat peneliti simpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick berbantu media poster terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan (2) terdapat peningkatan model pembelajaran talking stick berbantu media poster terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Poster, Talking Stick
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:29
Last Modified: 02 Jun 2025 07:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24078

Actions (login required)

View Item View Item