Penerapan customer relationship management (crm) dalam sistem informasi penjualan toko dinda mulia dengan pendekatan strategi cross selling

NUGRAHA NINGRUM, NILA (2025) Penerapan customer relationship management (crm) dalam sistem informasi penjualan toko dinda mulia dengan pendekatan strategi cross selling. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Dinda Mulia adalah sebuah UMKM pada bidang fashion pakaian muslim wanita yang bergerak pada bidang penjualan secara online. Adapun media yang digunakan untuk menjual produk-produknya yaitu melalui instagram, Toko dinda mulia mengembangkan iklan yang kreatif dan konten video yang variatif untuk mengundang minat bagi calon pembeli untuk menjelajahi kolekasi di Toko Dinda Mulia. Berdasarkan proses bisnis yang sedang berjalan pada Toko Dinda mulia, terdapat masalah pada media promosi penjualannya yang kurang luas, pencatatan penjualan yang masih dilakukan secara manual, serta terdapat kesalahan saat melakukan perhitungan pada jumlah total harga pembelian. Untuk mengatasi masalah tersebut maka akan diusulkan sebuah sistem informasi promosi penjualan yang dapat memfasilitasi pelanggan dalam mengenal produk yang ditawarkan serta melakukan transaksi pembelian barang secara online. Adapun penggunaan metode CRM adalah untuk mendata pelanggan, memberi rating produk, serta E-mail marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah website yang sesuai dengan kebutuhan Toko dinda mulia serta pelanggan dalam melakukan transaksi yang diperlukan dan pemasaran dengan memberikan layanan yang baik bagi pelanggan ataupun calon pelanggan sehingga dapat meningkatkan jumlah penjualan. Dalam hal pemasaran agar dikenal oleh masyarakat luas dan mengharapkan adanya fasilitas yang dapat melihat respon pembeli terhadap penilaian produk, testimoni item yang dibeli pelanggan, ulasan serta keluhan￾keluhan yang disampaikan pelanggan. Kesimpulan yang dapat diperoleh pada penelitian ini adalah sistem dinilai dapat membantu pihak toko dalam mengelola segala data transaksi serta dapat melihat dan membuat laporan yang diinginkan secara instan. Adapun pada penerapan CRM pada sistem dinilai dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan menggunakan E-mail marketing yang memberikan penawaran berupa bonus diskon. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang menerapkan CRM dengan pendekatan strategi cross selling diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam mendapatkan informasi produk serta dapat meningkatkan penjualan Toko Dinda Mulia. Penerapan Cross Seling harus didahului oleh analisis yang mendalam mengenai data transaksi pelanggan dengan menggunakan konsep yang melibatkan proses pengambilan sumber informasi dari sebuah transaksi pelanggan, yang mencakup produk apa aja yang mereka beli, perilaku pembelian pelanggan, dan lain-lain. Dengan adanya sistem ini customer akan dapat dengan mudah mendapatkan informasi menegnai detail produk dan memudahkan dalam proses bertransaksi, serta memudahkan Toko Dinda Mulia dalam mengelola data pelanggan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1.Dr. Arif Setiawan, S.Kom., M.Cs Dosen Pembimbing: 2.Supriyono, S.Kom., M.Kom
Kata Kunci: Sistem Informasi, CRM (Customer Relationship Management), Penjualan Online, Cross Selling
Subjects: Ilmu Murni > Matematika
Ilmu Murni > Matematika > Perangkat lunak (software) komputer
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:48
Last Modified: 01 Aug 2025 03:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24783

Actions (login required)

View Item View Item