HIDAYATI, ERLINA (2018) PENGARUH MUSIK KLASIK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (cover)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Download (564kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (132kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui secara empiris pengaruh musik klasik untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Pedawang dan SDN 2 Rendeng, teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah siswa 30. Alat pengumpul data adalah tes army alpha dan rating scale konsentrasi belajar sebagai pembanding. Rancangan penelitian menggunakan quasi experiment dengan rancangan eksperimen untreated control group design with pretest and posttest, dengan analisis data menggunakan uji beda rata-rata dua kelompok independent sample t-test. Hasil uji perbedaan pretest-posttest diperoleh nilai koefisien beda t sebesar -14,790 pada nilai p = 0,00 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan konsentrasi belajar siswa antara sebelum mendapat perlakuan musik klasik dengan sesudah mendapatkan perlakuan musik klasik. Hasil uji perbedaan posttest kelompok ekspermen dan kelompok kontrol diperoleh nilai koefisien beda t sebesar 15,618 pada nilai p = 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan konsentrasi belajar siswa antara siswa yang mendapatkan perlakuan musik klasik dengan siswa yang tidak mendapatkan perlakuan musik klasik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Latifah Nur Ahyani, S.Psi, M.Si. |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Musik Klasik, dan Tes Army Alhpa. |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi |
Program Studi: | Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 06:27 |
Last Modified: | 25 Jun 2018 06:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9083 |
Actions (login required)
View Item |