ISTINAROH, FRISKA (2019) Penerapan model inkuiri berbantuan media gambar visual untuk peningkatan hasil belajar tema kayanya negeriku kelas iv sdn 3 kawak jepara. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (714kB) | Preview |
Preview |
Text (Abstrak)
ABSTRACT.pdf - Accepted Version Download (205kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (336kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (801kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (417kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa pada tema kayanya negeriku dengan muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKn subtema 1 dan subtema 2 pembelajaran 3 dan 4 dengan cara penerapan model pembelajaran inkuiri. Model pembelajaran inkuiri adalah model pembelajaran menciptakan siswa aktif dengan disajikan permasalahan. Pemilihan model inkuiri dirasa tepat karena proses pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan serta diharapkan siswa dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa. Penelitian tindakan kelas akan dilaksanakan dikelas IV SDN 3 Kawak Jepara dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian ini berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran inkuri sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran tema 9 kayanya negeriku melalui penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media visual gambar kelas IV SDN 3 Kawak meningkat setiap siklusnya. Persentase hasil belajar siswa ranah pengetahuan muatan PPKn prasiklus 46.67% (kurang) meningkat siklus I 73.33% (baik) meningkat siklus II 93.33% (sangat baik), muatan Bahasa Indonesia prasiklus 46.67% (kurang) meningkat siklus I 66.66% (baik) meningkat siklus II 86.66% (sangat baik). Hasil belajar ranah sikap siklus I 65.27% (baik) meningkat siklus II 79.53% (baik). Hasil belajar ranah keterampilan siklus I 65.10% (baik) meningkat siklus II 80.41% (baik). Keterampilan guru siklus I 66% (baik) meningkat siklus II 79.5% (baik). Aktivitas belajar siswa siklus I 66.13% (baik) meningkat siklus II 79.01% (baik). Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas SDN 3 Kawak dengan penerapan model inkuiri berbantuan media visual gambar terbukti meningkatkan hasil belajar siswa, keterampilan guru dan aktivitas belajar siswa tema 9 kayanya negeriku.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Irfai Fathurrohman, S.Pd, M.Pd, Pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Inkuiri, Gambar Visual, Hasil Belajar, Kayanya Negeriku. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 04:11 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 04:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12723 |
Actions (login required)
View Item |