PENGARUH MUSIK KLASIK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA

HIDAYATI, ERLINA (2018) PENGARUH MUSIK KLASIK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (564kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (144kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (158kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (229kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (364kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (46kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (132kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui secara empiris pengaruh musik klasik untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Pedawang dan SDN 2 Rendeng, teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah siswa 30. Alat pengumpul data adalah tes army alpha dan rating scale konsentrasi belajar sebagai pembanding. Rancangan penelitian menggunakan quasi experiment dengan rancangan eksperimen untreated control group design with pretest and posttest, dengan analisis data menggunakan uji beda rata-rata dua kelompok independent sample t-test. Hasil uji perbedaan pretest-posttest diperoleh nilai koefisien beda t sebesar -14,790 pada nilai p = 0,00 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan konsentrasi belajar siswa antara sebelum mendapat perlakuan musik klasik dengan sesudah mendapatkan perlakuan musik klasik. Hasil uji perbedaan posttest kelompok ekspermen dan kelompok kontrol diperoleh nilai koefisien beda t sebesar 15,618 pada nilai p = 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan konsentrasi belajar siswa antara siswa yang mendapatkan perlakuan musik klasik dengan siswa yang tidak mendapatkan perlakuan musik klasik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Latifah Nur Ahyani, S.Psi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Musik Klasik, dan Tes Army Alhpa.
Subjects: FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 25 Jun 2018 06:27
Last Modified: 25 Jun 2018 06:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9083

Actions (login required)

View Item View Item