RISTIANING, ARI SADA (2024) The effectiveness of using picture to writing descriptive text at the eighth grade of smp n 1keling jepara. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Abstrak
Salah satu aspek paling penting dari kemahiran menulis bahasa Inggris adalah penting. Menulis adalah alat komunikasi yang memungkinkan kita berbagi pemikiran, ide, pengamatan, dan informasi dengan diri kita sendiri dan orang lain. Gambar merupakan model pembelajaran dimana siswa diberikan media komunikasi dengan ilustrasi dua dimensi yang dapat mewakili orang, tempat, atau benda yang jauh dari kita. Teks deskriptif menggambarkan orang, lokasi, atau barang tertentu dan mencakup identifikasi dan deskripsi struktur paragraf. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap keterampilan menulis teks deskriptif di kelas delapan SMP N 1 Keling Jepara tahun ajaran 2024/2025. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain eksperimen semu. Sampel terdiri dari 60 siswa yang dipilih karena dari hasil observasi dengan guru bahasa Inggris, nilai menulis mata pelajaran teks deskriptif di kelas ini rendah di kelas delapan SMP N 1 Keling Jepara pada tahun ajaran 2024/2025. Dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan metode purposive sampling. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan tes tertulis. Penulis memberikan pretest dan posttest kepada siswa. Data dianalisis menggunakan SPSS 25 dan dihitung menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gambar dalam menulis teks deskriptif efektif. Dari hasil perhitungan terlihat bahwa nilai siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai siswa pada kelas kontrol. Nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pre-test (69,20>43,07). Sedangkan pada kelas kontrol, nilai rata-rata post-test juga lebih rendah dibandingkan dengan nilai rata-rata pre-test (40,53<41,73). Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa dalam belajar menulis teks deskriptif menggunakan gambar dan nilai siswa dalam belajar menulis teks deskriptif tanpa menggunakan gambar pada siswa kelas delapan SMP N 1 Keling Jepara. Peneliti menyimpulkan bahwa rangkaian gambar secara signifikan mempengaruhi kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Sementara itu, guru bahasa Inggris perlu menerapkan gambar ketika menulis teks deskriptif agar proses belajar mengajar lebih menarik, dan menyenangkan di kelas karena siswa tetap harus lebih aktif dalam pembelajaran menulis.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1.Dr. Atik Rokhayani, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing: 2.Dr. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd |
Kata Kunci: | Picture, Writing, Descriptive Text |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:48 |
Last Modified: | 15 May 2025 02:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23766 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
